Blogroll

PERBEDAAN WAKTU PUASA DI DUNIA



Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang hukumnya wajib bagi umat islam di seluruh penjuru dunia.
Tak heran jika kehadiran bulan puasa di sambut dengan antusias serta penuh rasa suka cita.
Ibadah puasa bukan sekedar tidak Makan dan minum semata,tetapi lebih kepada menahan hawa nafsu,dan pengendalian diri dari perbuatan-perbuatan dosa.

Ibadah puasa Ramadhan dimulai sejak masuknya waktu Imsyak atau waktu subuh dan berakir sampai dengan terbenamnya matahari atau waktu maghrib.

Bagi umat muslim yang tersebar di seluruh penjuru dunia,terdapat perbedaan durasi waktu dalam menjalankan ibadah puasa setiap harinya,antara muslim yang tinggal di bumi bagian utara dengan umat muslim yang tinggal bumi bagian selatan,
perbedaan waktu itu baik untuk datangnya waktu imsyak maupun datangnya waktu berbuaka puasa.

Perbedaan waktu di akibatkan oleh perputaran bumi yang mengelilingi matahari tidak lurus tetapi miring,sehingga negara-negara di belahan bumi bagian utara atau negara yang dekat dengan kutub utara saat ini sedang mengalami musim panas.
matahari bersinar lebih lama dan siang hari pun menjadi lebih panjang dari pada malam hari 

Seperti di kutip dari Merdeka.com 18/6/15 puasa di eropa menduduki peringkat pertama dengan durasi waktu puasa terlama yaitu berkisar anatara 22 jam,bahkan ada bebeberapa wilayah yang hampir mendekati 24 jam lamanya.
  • Di wilayah Skandinavia serta seluruh wilayah Inggris Raya saudara-saudara muslim kita disana harus berpuasa selama 21 jam sampai 22 jam setiap harinya ,karena waktu Subuh tiba jam 02:18 sedangkan waktu Maghrib jam 21:22
  • Kota Tromso Norwegia di kota yang dekat kutub utara,umat muslim di sana harus berpuasa hampir dengan waktu mendekati 24 jam lamanya,bahkan di sana matahari masih bersinar saat tengah malam.
Dengan durasi Puasa sepanjang itu umat muslim di sana di sarankan menjalankan puasa selama 21 jam atau lebih apabila tidak sanggup puasa dengan rentang waktu 14 jam sampai 16 jam dapat menjadi pilihan.  


Jika di belahan bumi bagian utara umat muslim disana berpuasa dengan waktu yang panjang,justru di belahan bumi lainya umat muslim melaksanakan ibadah puasa dengan waktu yang singkat.berkisar antara 09,jam 56 menit sampai 10 jam.
lantas dimanakan negara dengan waktu terpendek tersebut berada.?
seperti yang saya kutip dari laman Viva.co.id 18/6/2015 Puasa dengan waktu terpendek di dunia  berada di kota-kota besar berikut ini:.
  •  Kota Sidney Australia.Umat muslim yang tinggal di negeri kanguru,setiap harinya melaksanakan ibadah puasa selama 09,jam 56 menit sampai 10 jam.
  • Kota Rio de jeniro Brazil.lamanya waktu berpuasa di negeri yang banyak mencetak bintang sepak bola ini ibadah puasa di laksanakan selama 12 jam 4 menit.
  • Jakarta Indonesia. Negeri dengan populasi muslim terbesar di dunia ini,ibadah puasa di laksanakan umat muslim selama 13 jam 1 menit. 
Puasa selain dari pada ibadah wajib bagi umat islam,puasa juga banyak memberikan berkah bukan hanya kepada umat muslim semata tetapi berkah juga di rasakan oleh umat Non muslim.
Ibadah puasa Ramadhan akan selalu memberikan kesan berbeda di setiap tahunya. 
semoga kita semua mendapatkan pahala yang berlimpah di bulan ramdhan ini




0 Response to "PERBEDAAN WAKTU PUASA DI DUNIA "

Posting Komentar

wdcfawqafwef