Blogroll

Peluang Usaha Dadakan saat Ramadhan dan Lebaran

Halo sobat apa kabar semuanya? semoga tetap dalam kondisi prima dalam menjalani ibadah puasa dan Mudik ke kampung halaman.
seperti kita ketahui bersama jika Ramadhan adalah bulan penuh ampunan di lipat gandakannya pahala dan pintu rejeki,makanya tidak heran muncul profesi-profesi baru dan unik yang hanya bisa kita jumpai pada saat Ramadhan dan Lebaran saja,berikut ini kang nik merankumnya untuk sobat semua.
  • Pedagang Takjil jelang berbuka Puasa
 
image Berita Jakarta

 Kalau di bulan selain Ramadhan sangat sulit di jumpai para penjual kolak,es campur,kolang kaling dll,beda halnya saat bulan puasa para pedagang sangat mudah di jumpai mulai dari pdagang yang menjajakan daganganya di pinggir jalan,taman,sampai bazar yang banyak di selenggarakan khusus di bulan Ramadhan.
umumnya para pedagang adalah masyarakat sekitar yang memanfaatkan momen bulan puasa untuk mendapat tambahan rejeki dengan memanfaatkan ke ahlian mereka meracik kolak yang nikmat dan makanan lainya.

  • Pedagang dan petani Timun Suri
  •  
     



Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini berwarna kuning dengan daging buah lembut dan aroma wanginya yang khas cocok di kombinasikan dengan sirop,gula dan bahan lainya menjadi minuman segar saat berbuka puasa tiba.
Di pedesaan para petani yang biasanya menanam padi dan palawija lainya beberapa bulan sebelum tibanya bulan Ramadhan sudah ramai-ramai menyiapkan lahanya untuk menanam timun suri yang di biasanya di panen saat bulan puasa tiba.
Pemandangan berbeda juga bisa kita jumpai di pasar-pasar dan pedagang pinggir jalan dengan banyak di jumpainya pedagang yang menjajakan buah timun suri ini.


  • Penukaran Uang di pinggir-pinggir Jalan Raya.

image Berita Jakarta

Lebaran identik dengan bagi-bagi uang THR (tunjangan hari raya) biasanya orang yang sudah memiliki penghasilan membagikan sebagian rejekinya kepada sanak saudara dan orang tidak mampu, karna itulah uang yang di bagikan nilai pecahan sudah dipersiapkan terlebih dulu untuk memudahkan pembagianya dan biasanya uang kertas yang di pilih masih dalam kondisi baru.
karna adanya penomena itulah di Jakarta jelang lebaran tiba sangat mudah di jumpai ibu-ibu bahkan ada juga bapak-bapak dengan berbekal berikat-ikat Uang kertas dengan pecahan mulai dari Rp 2.000 sampai dengan Rp 20.000 banyak berjejer di pinggir-pinggir jalan untuk menerima jasa penukaran uang atau lebih tepatnya menjual belilkan uang,dari pecahan lebih besar kedalam pecahan yang lebih kecil.
mengenai hukum syariat islam dalam perkara menjual-belikan uang akan Kang Nik bahas di artikel berikutnya nanti ya.

  • Warung dadakan sepanjang jalur Pantura.

Bagi para pemudik yang pulang kampung menggunakan kendaraan melintasi jalur pantura menuju Jawa Tengah Jawa Timur dan sekitarnya,mungkin sudah tidak asing lagi dengan keberadaan warung dadakan milik masyarakat sekitar yang sengaja didirikan di pinggir jalan sepanjang jalur pantura.
warung yang menyediakan makanan kecil minuman ringan serta oleh-oleh khas wilayah sekitar,juga menyediakan tempat beristrirahat bagi para pemudik bahkan ada juga yang menyediakan jasa pijat gratis maupun berbayar bagi para pemudik melepas lelah setelah menempuh perjalanan yang melelahkan.
Pengalaman Kang Nik saat mudik lebaran tahun 2013 Tradisi warung pantura ini masih banyak berdiri di sepanjang jalur pantura.untuk tahun ini kemungkinan masih ada tetapi apakah akan tetap ramai di singgahi para pemudik seperti tahun lalu,mengingat para pemudik yang mendarai mobil mayoritas lebih memilih melalui jalan tol seiring dengan di bukanya akses tol yang baru-baru ini ramai di perbincangkan.

  • Jasa penitipan Hewan Peliharaan


Tidak kalah repotnya dengan para majikan yang di tianggal mudik pembantu rumah tangganya.
bagi para penggemar hewan peliharaan juga pasti merasa bingung jika harus meninggalkan binatang peliharaan kesayangan mereka di rumah tanpa ada yang menjaga dan mengawasi Selama mereka pulang kampung.
Keadaan seperti itu menjadi berkah tersendiri bagi mereka yang memiliki hobby memelihara binatang,dengan Membuka jasa penitipan dan perawatan hewan peliharah selama di tinggal mudik lebaran oleh pemiliknya.















 

0 Response to "Peluang Usaha Dadakan saat Ramadhan dan Lebaran"

Posting Komentar

wdcfawqafwef