Blogroll

Kisah kelam Pembantaian di Srebrenica.

Kali ini Kang Tory akan mengulas satu peristiwa bersejarah sekaligus peristiwa yang kelam dalam sejarah umat manusia,sebagai pembelajaran bagi kita di masa sekarang agar jangan sampai kisah ini terulang kembali di masa yang akan datang.

  •  Kisah kelam Pembantaian di Srebrenica.



Srebrenica adalah kota di pegunungan kecil yang terletak di Bosnia & Herzegovina Timur.
di kota inilah Dua puluh tahun yang lalu,tepatnya tanggal 11 - 13 juli 1995 telah terjadi peristiwa yang sangat memilukan hati yaitu Tragedi  Pembantaian massal atau yang lebih dikenal dengan istilah "GENOSIDA"

Pembantaian atau Genosida.lebih dari 8.000 Lelaki dan Remaja etnis Muslim Bosnia oleh pasukan Republik Srpska pimpinan Jendral Ratko Mladic .

"Peristiwa ini terjadi akibat pecahnya perang antara Serbia dan Bosnia tahun 1992.
akibat kekejaman dan pembantaian etnis yang di lakukan oleh pasukan Serbia.
umat muslim Bosnia akhirnya harus mengungsi ke Kamp-kamp Pengunsian.
Srebrenica adalah kamp pengunsian terbesar dan dinyatakan sebagai zona aman oleh PBB kamp itu di jaga oleh 400 Pasukan Perdamaian dari Negeri Belanda.

  • Pada tanggal 6 juli 1995 Corp Drina  dari pasukan Serbia Bosnia mulai menggempur Pos-pos Tentara Belanda di srebrenica 
  •  Pada tanggal 11 juli 1995 pasukan Serbia memasuki Srebrenica,anak-anak dan wanita dan orang tua berkumpul di Poticari untuk mencari perlindungan dari pasukan Belanda.
  • 12 juli 1995 pasukan Serbia memisahkan laki-laki usia 17-77 tahun untuk di introgasi.
  • 13 juli 1995 pembantaian pertama terjadi di gudang dekat desa kravica,pasukan Belanda menyerahkan 5000 pengungsi Bosnia kepada pasukan Serbia untuk di tukar denga 14 tentara Belanda yang di tawan pihak Serbia,pembantaian terus berlangsung
  • 16 Juli 1995 berita pembantaian mulai tersebar tentara belanda meninggalkan Srebrenica beserta perlengkapan mereka.selama 5 hari pembantaian 8.000 muslim bosnia terbunuh"
wikipedia Pembantaian Srebrenica

Pengadilan Belanda mengeluarkan putusan Bahwa kerajaan Belanda turut bertanggung jawab atas terbunuhnya 300 lebih Muslim Bosnia pada saat perang Serbia Bosnia berkecamuk tahun 1995.
Pasukan perdamaian dari negri Belanda di anggap abai dalam melindungi Muslim Bosnia sehingga jatuh ketangan pasukan Serbia.
Pengadilan di langsungkan atas gugatan dari para keluarga korban yang menamakan diri "Bunda Srebrenica"   .

Tokoh kunci kepimpinan Serbia Bosnia Zaman perang yaitu Mantan Presiden Rodovan Karadzick dan Jenderal Ratko Mladic masih menjalani Proses pengadilan  sebagai kejahatan perang di Pengadilan PBB di Den Haag Belanda,

di kutip dari BBC Indonesia 16/7/14

Jenderal Ratko Mladic

0 Response to "Kisah kelam Pembantaian di Srebrenica."

Posting Komentar

wdcfawqafwef